Lomba Mengelolah Sampah Plastik - KMU UNIDAR AMBON

Lomba Mengelolah Sampah Plastik

Share This

 Era revulusi industry 4.0, sampah menjadi pusat perhatian di kalangan masyarakat, pemuda dan pelajar. Sampah salah satu penyebab terjadinya suatu bencana, seperti pencemaran. Hal serupa juga terjadi di lingkungan pelajar kususnya di lingkungan sekolah. Siswa dan siswi kurang peduli terhadap sampah, dan lebih memilih untuk tidak memperhatikan sampah. Ketidakpedulian itu dapat dilihat dengan adanya sampah yang ditingal dan dibuang sembarang di berbagai tempat, seperti ruang kelas dan halaman sekolah. 
Selain itu, teryata sampah juga kurang mendapatkan perhatian dalam hal pengelolahan. Untuk mendapatkan pengelolahan sampah yang baik sampah juga di kelolah, diatur, dan di ubah menjadi sesuatu yang bernilai dan memiliki nilai kreativitas dan dapat di jual. Hal hal tersebut menjadi pusat perhatian kementrian Sosial, Masyarakat, dan dinas pendidikan lingkungan. Oleh karena itu,kegiatan lomba kreatifitas sampah plastik ini kami adakan supaya sampah yang tidak berharga dapat diubah menjadi sesuatu barang yang dapat digunakan lagi dan mempunyai nilai yang tinggi, keguatan ini di adakan dangan tujuan untuk meningkatkan kepedulian seluruh civitas.


Tujuan Kegiatan :
  1. Mengurangi sampah plastik di kota ambon
  2. Menyadarkan siswa dan siswi tentang kebersihan linkungan
  3. Membuat produk kreatif dan inovatif dari sampah plastik
  4. Mengembangkn bakat pelajar dalam berkeriasi mengubah sampah menjadi suatu keriatifitas yang memiliki manfaat dan nilai jual

Syarat dan Ketentuan Lomba :
  1. Tema Lomba Mengolah Sampah Plastik “Usaha Kreatif dan Inovatif Pengelahan Sampah Plastik di Maluku” karya harus terbuat dari sampah atau barang bekas (bukan barang baru) yang berupa sampah plastik berupa : botol dan gelas plastik, kantong plastik, jerigen, timba dll.
  2. Tidak mengunakan bahan yang mangandung logam berat atu limbah B3 seperti plastik bekas infus atau obat, bekas tinta, bekas spait suntik, cardtridge dan kalengcat.
  3. Peserta dapat perseorangan atau grup maksimum 2 (dua) orang per grup.
  4. Peserta wajib mengunggah Foto/Video berdurasi 1 menit  hasil Usaha Kreatif dan Inovatif Pengelahan Sampah Plastik  di akun facebook, instagram dan twitter peserta. Peserta wajib mention Facebook, Instagram dan Twitter dengan hashtag #kreatifmengolahsampah, #ambonbebassampah, #unidarpedulisampah, #kmuunidar
  5. Biaya pendaftaran lomba sebesar Rp.50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per peserta/grup. Pembayaran dilakukan melalui transfer ke nomor rekening berikut :
                                             Atas Nama : Abu Siraj Tuasikal   
                                   No. Rekening : 4864-01-025823-53-2 (BRI)
  
     5. Bukti Pembayaran dilampirkan saat melakukan pendaftaran. Biaya pendaftaran tidak  
         dapat dikembalikan jika peserta mengundurkan diri sebagai peserta
     6. Peserta wajib mendaftar pada link dibawah ini :

Kriteria Lomba :
  1. Hasil karya merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis.
  2. Karya tidak mengandung unsur SARA dan ponografi ;
  3. Peserta mempersiapkan bahan yang suda di rakit dan alat.
  4. Peserta membuat produk di tempat lomba.
  5. Waktu pegerjaan : 3 jam
  6. Panitia dapat mendiskualifikasi peserta jika di ketahui tardapat kecurangan, baik dalam penjurian maupun penentuan pemenang
  7. Kretiria produk daur ulang :
  • Bahan baku yang di lakukan
  • Inovasi produk yang di tampilkan
  • Kreativitas produk yang di tampilkan
  • Kesesuayan keryasi barang bekas dangan tema lomba
  • Manfaat dan nilai dalam kehidupan
  • Display atau tampilan produk


Tata Cara Pendaftaran Lomba :
  1. Peserta Wajib mengupload Foto/Video berdurasi 1 menit  hasil Usaha Kreatif dan Inovatif Pengelahan Sampah Plastik yang akan dilombakan ke Akun Facebook dan Instagram masing-masing dengan Judul : Usaha Kreatif dan Inovatif Pengelolaan Sampah Plastik di Maluku dengan hashtag #potretsampahambon, #kreatifmengolahsampah, #unidarpedulisampah, #kmuunidar dan meandai Akun FB dan Istagram KMU Unidar.
  2. Hasil Usaha Kreatif dan Inovatif Pengelahan Sampah Plastik Foto dikatakan layak untuk didaftarkan mengiuti lomba jika telah ditanggapi (Like) oleh minimal 100 orang pada status Facebook dan Istagram milik peserta.
  3. Peserta mendaftar pada link yang disediakan dengan mengisi biodata dan mengupload 3 Foto asli Hasil Usaha Kreatif dan Inovatif Pengelahan Sampah Plastik, foto selfi peserta dengan hasil karya tersebut, screenshoot status Facebook dan Istagram yang telah di tanggapi (like) oleh minimal 100 orang, Bukti Transfer/Kuaitansi Pendaftaran Lomba.

Kretiria Penilaian :
 
Panitia akan melakukan kritiria penilaian sebagai berikut :

  1. Utilitas (30%) : Utilitas (kegunaan) adalah aspek penilaian yang menitip beratkan pada fungsi bagi masyarakat luas sehingga masyarakat luas merasa terbantu dengan munculnya alat tersebut dan kegunaannya.
  2. Kreativitas (30%) : Kreativitas adalah aspek penilaian yang memperhatikan sisi kreativitas peserta dalam menciptakan sebuah produk baru.
  3. Originalitas (40%) : Originalitas (keabsahan) adalah aspek penilaian yang memperhatikan alat daur ulang dan di manfaatkan kembali.

  
Tanggal Pelaksanaan :

  1. Pendaftaran Lomba : DITUNDA
  2. Tecnikal Meeting : -
  3. Pembukaan Lomba sekaligus Perlombaan Tingkat SMP : -
  4. Perlombaan Tingkat SMA : -
  5. Pengumuman Juara : -
Hadiah :
Tingkat SMP
1. Juara 1 = Tropi, Piagam Dan Uang Pembinaan Rp. 2.000.000
2. Juara 2 = Tropi, Piagam Dan Uang Pembinaan Rp. 1.500.000
3. Juara 3 = Tropi, Piagam Dan Uang Pembinaan Rp. 1.000.000

Tingkst SMA
4. Juara 1 = Tropi, Piagam Dan Uang Pembinaan Rp. 2.000.000
5. Juara 2 = Tropi, Piagam Dan Uang Pembinaan Rp. 1.500.000
6. Juara 3 = Tropi, Piagam Dan Uang Pembinaan Rp. 1.000.000







Info lomba lebih lanjut :
Kontak Panitia :
Kampus Universitas Darussalam Ambon - Jl. Waehakila Puncak Wara Ambon
Telp/WA : 085244160193 (Jalal)
CP : 085244160193 (Jalal)
Facebook : Kmu Unidar
Instagram : @kmu.unidar
Twitter : @KmuUnidar

Pages